Layanan Mobile Banking

Dibandingkan layanan e-banking lainnya, perkembangan mobile banking (m-banking) terbilang paling cepat. Perkembangan ini lantaran kehadiran layanan m-banking mampu menjawab kebutuhan masyarakat modern yang sangat mengedepankan mobilitas. Dengan satu sentuhan, m-banking menciptakan kemudahan layanan perbankan dalam satu genggaman.

Hasil survei lembaga riset keuangan internasional mengungkapkan, 35% dari seluruh kegiatan online yang dilakukan di setiap rumah di seluruh dunia akan beralih ke layanan m-banking. Diprediksi, nilai transaksi m-banking akan naik dua kali lipat per tahun. Selanjutnya akan meningkat menjadi empat kali lipat setelah 2011.

Di Indonesia, dalam lima tahun terakhir pemakaian mobile banking oleh nasabah perbankan meningkat signifikan dengan rata-rata peningkatan 135,3% per tahun. Pada tahun 2003 pengguna mobile banking baru sekitar 315 ribu orang, namun empat tahun kemudian (2007) sudah menjadi 8,2 juta orang. Dan pada 2008 diperkirakan meningkat hingga 50% menjadi sekitar 12,32 juta orang. Saat ini hampir seluruh bank sudah mengaplikasikan layanan m-banking.

Dengan makin populernya transaksi finansial/perbankan via ponsel (m-banking) maka harapan pemerintah untuk mengurangi penggunaan uang tunai (less cash society) tidak lama lagi akan dapat diwujudkan.

Kenapa nasabah perbankan menyukai layanan transaksi m-banking? Berdasarkan hasil riset MARS Indonesia yang dimuat dalam “Studi Pasar & Perilaku Nasabah Mobile Banking 2008/2008” setidaknya terdapat 3 alasan utama nasabah perbankan membutuhkan layanan m-banking, yaitu (1) praktis karena tidak perlu datang ke bank/ATM (46,5%), (2) transaksi menjadi lebih cepat (32,7%), dan (3) mempermudah untuk cek saldo melalui HP (17,8%).

Dengan kata lain, perkembangan mobile banking di Indonesia sedemikian cepat tak lain karena layanan m-banking mampu memberikan keleluasaan dan kepraktisan/kemudahan transaksi keuangan dalam hal cek saldo, pembayaran tagihan, transfer uang, maupun layanan keuangan lainnya dalam satu “sentuhan jari”. Cukup pencet PIN dari ponsel, maka transaksi bisa dijalankan dari mana saja sejauh jaringan connected.

Selain itu, layanan m-banking relatif aman karena memakai sistem pengamanan berlapis, yakni dari provider telekomunikasi seluler, serta dari jaringan sistem perbankan yang bersangkutan. Sehingga nasabah tidak perlu merasa khawatir dalam penggunaannya. Itulah beberapa faktor yang menjadikan layanan m-banking begitu cepat berkembang, menyaingi layanan e-banking lainnya, serta akan menjadi layanan alternatif perbankan di masa depan.

Kini, sejumlah bank besar mulai menawarkan kemudahan baru dalam bertransaksi, yakni tidak perlu menggeser posisi kalau ingin bertransaksi. Sebab, saat ini bertransaksi perbankan cukup lewatan genggaman tangan. Caranya, dengan memanfaatkan tekonologi, salah satunya dengan teknologi telepon selular.

Beberapa bank besar di Indonesia sudah mulai menawarkan mobile banking, mulai dari Bank Mandiri yang merupakan bank terbesar di Indonesia, Bank BNI 46 dan Bank BCA.

Perbandingan Layanan Mobile Banking dari Bank Mandiri, BNI 46, dan BCA

  • 1. Mobile Banking Bank Mandiri

Dengan Layanan mATM Bank Mandiri, nasabah Bank Mandiri yang telah menjadi pengguna SMS Banking Mandiri sekaligus pelanggan k artuHalo naviGator 64 Telkomsel bisa melakukan pembelian barang dan tarik tunai di pedagang yang berlogo mATM Mandiri langsung dari ponselnya. Pedagang/merchant mATM Mandiri adalah nasabah Bank Mandiri pengguna SMS Banking yang sekaligus menjadi pelanggan kartuHALO mPOS. Dengan layanan mATM ini merchant dapat melayani pembelian barang dan tarik tunai pengguna SMS Banking Mandiri pelanggan kartuHALO naviGator 64 Telkomsel. Untuk memperoleh sim card kartuHalo naviGator 64 atau kartuHALO mPOS Telkomsel pelanggan harus datang ke outlet graPARI terdekat.

Layanan mATM bisa dinikmati di semua pedagang yang sudah ikut program mATM. Pedagang mATM bisa dikenal dari Logo Layanan mATM di toko mereka.

Untuk melakukan pembayaran barang di pedagang mATM atau menarik uang tunai di merchant mATM, nasabah hanya perlu memberikan nomor ponselnya ke merchant tersebut. Setelah transaksi dikirim oleh merchant, Bank Mandiri akan meminta nasabah pembeli untuk otorisasi transaksi tersebut di ponsel anda (seperti contoh di bawah).

  • Pembayaran Barang

  • Tarik Tunai


Nasabah dianjurkan untuk review transaksi tersebut sebelum memasukkan PIN. Setelah PIN dimasukkan, Bank Mandiri akan mengirim notifikasi SMS bahwa transaksi pembayaran sudah BERHASIL dan rekening nasabah sudah didebit senilai jumlah pembelian barang/jasa. Pada SMS notifikasi/konfirmasi transaksi tersebut terdapat detil transaksi termasuk nomor referensi yang dikemudian hari dapat dipakai untuk menanyakan transaksi tersebut di Call Mandiri 14000 atau (021) 52997777.

Setelah transaksi selesai diproses oleh sistim Bank Mandiri, merchant mATM Mandiri akan menerima notifikasi SMS yang sama bahwa pembayaran sudah BERHASIL dan dikredit ke rekening merchant. Sesudah menerima notifikasi SMS dari Bank Mandiri, nasabah pembeli akan menerima barang yang dibeli atau menerima uang tunai dari pedagang tersebut.

Fitur SMS Banking Mandiri yang dapat dinikmati oleh merchant mATM Mandiri dengan kartuHALO mPOS adalah transaksi m-Banking dan transaksi mATM. Adapun fitur mATM Mandiri terdiri dari pembelian barang dan tarik tunai, dan akan menyusul fitur pengiriman uang (mobile remittance). Sementara fitur transaksi perbankan yang dapat dinikmati sangat beragam mulai dari cek saldo, 5 transaksi terakhir, sampai dengan pembayaran tagihan Telkom, PLN, pembayaran tagihan semua GSM/CDMA, pembelian pulsa isi ulang semua GSM/CDMA, pembelian tiket Garuda dan notifikasi SMS secara real time on line 24 jam sehari 7 hari seminggu.

Dalam kerjasama merchant mATM ini, Bank Mandiri menunjuk PT e-Mobile Indonesia dalam melakukan pendaftaran merchant mATM Mandiri di seluruh Indonesia. Bagi Anda nasabah Bank Mandiri yang memiliki bisnis/toko dan tertarik untuk menjadi pedagang/merchant mATM Mandiri, silakan hubungi :

PT eMobile Indonesia
Telp : 021-3503936
Fax : 021-3506079
E-mail : matm@emobile.co.id
Nama PIC : Mungna, Meliesa, Taty & Teddy
Dengan senang hati, sales consultant dari PT e-Mobile Indonesia akan datang untuk membantu Anda.

Syarat-syarat menjadi merchant mATM :

  • Mengisi formulir aplikasi merchant
  • Mengisi formulir kartuHALO Telkomsel
  • Membuka rekening Tabungan atau giro di Bank Mandiri
  • Mendaftar SMS Banking Mandiri di cabang
  • Menandatangani Perjanjian Kerja Sama (PKS) dengan Bank Mandiri
  • Menyetujui syarat dan ketentuan merchant mATM Mandiri
  • Fotocopy KK, KTP dan NPWP

Apapun SIM Card Anda, nikmati pilihan cara bertransaksi:

Ketik SMS atau Pilih Menu

Bersama SMS Banking Mandiri nikmati kemudahan melakukan transfer uang, pembayaran tagihan rutin, pembelian serta transaksi lainnya cukup dengan ketik SMS ke 3355 atau menggunakan menu M-B_Mandiri pada satelindo@access dan Life in hand/layanan data XL atau T-Sel menu sim card naviGator Telkomsel.

Berbagai Keuntungan Yang Anda Dapatkan :

  • Mudah dan Fleksibel: Ketik SMS atau Pilih Menu

Dengan mengetikkan kode transaksi yang dibutuhkan, jawaban akan diterima dalam bentuk SMS juga atau transaksi dapat dilakukan dengan STK Menu pada ponsel.

  • Lebih Efisien

Biaya transaksi sebesar biaya SMS + Rp500. Untuk notifikasi SMS sebesar Rp500.

  • Memakai semua jenis SIM Card

Apapun jenis SIM Card yang Anda miliki, transaksi perbankan dapat Anda lakukan.

  • Bisa di semua ponsel

Bisa dilakukan di semua ponsel yang memiliki fasilitas SMS.

  • Aman

Untuk Ketik SMS rekening tujuan transfer didaftarkan terlebih dulu dan transaksi Pilih Menu menggunakan (STK) SIM Tool Kit dengan 3DES enkripsi/pengacak data.

Jenis Transaksi :

  • Transfer uang
    • Transfer antar rekening Bank Mandiri
    • Transfer antar bank (NEW)
    • Transfer dengan Berita (NEW)
    • Transfer valuta asing
  • Buka Deposito (NEW)
    • Pembukaan deposito Rp dan USD dengan jangka waktu 1 atau 3 bulan. Melihat info deposito dan pencairan deposito.
  • Cek Saldo
    • Saldo rekening Tabungan, pinjaman dan rekening valuta asing
  • Informasi
    • Info tagihan Mandiri Visa
    • 5 transaksi terakhir rekening
    • Suku bunga deposito, suku bunga tabungan dan kurs valuta asing
  • Pembayaran dan Pembelian
    • Pembayaran tagihan Mandiri Visa, PLN, tiket Garuda, Telkom, kartuHALO, Matrix, Xplor, Telkom, Fren, Esia, Iklan Kompas, Dealer XL Kita, ung kuliah Amikom Yogya, Bina Sarana Informatika, AXA Mandiri, OTO MultiArtha, IndosatNET, CBN, Kabelvision, Indovision dan StarONE postpaid. Beli berbagai tiket via Travel Agent, PBB, PAM, Adam Air dan Riau Air (menyusul).
    • Pembelian voucher isi ulang simPATI, Mentari, IM3 Smart, XL bebas, Flexi Trendy, Fren, Esia dan StarONE prepaid.
  • Notifikasi SMS
    • Pendebitan/pengkreditan di atas nilai tertentu
    • Jatuh tempo rekening deposito
    • Saldo rekening di bawah nilai tertentu
    • Penolakan cek/bilyet giro
  • Perubahan PIN

Cara Memperoleh Layanan :

  1. Daftarkan nomor ponsel Anda di ATM Mandiri/cabang Bank mandiri
  2. Jika mendaftar di ATM Mandiri, masuk ke Menu Pendaftaran eBanking, pilih SMS Banking dan tekan Pendaftaran SMS Banking Mandiri lalu ikuti langkah selanjutnya.
  3. Setelah pendaftaran sukses, layanan SMS Banking Anda siap digunakan.
  4. Bagi nasabah yang telah mendaftar via ATM, harap datang ke cabang Bank Mandiri untuk mengaktifkan layanan finansialnya (transfer, pembayaran, pembelian).
  • 2. Mobile Banking BNI 46 (BNI Mobile)

BNI Mobile dari BNI Taplus
Mudahnya transaksi perbankan dari ponsel Anda

BNI Mobile adalah fasilitas layanan perbankan melalui handphone, dengan teknologi Java Application yang memudahkan Anda untuk melakukan transfer dana, bayar tagihan dan isi ulang pulsa, serta mengecek saldo dan mutasi seluruh rekening yang Anda miliki dalam 1 CIF (Customer Information File) berupa Tabungan, Giro, Deposito, dan Pinjaman. Layanan ini bisa diakses melalui ponsel Anda, apapun operatornya tanpa perlu ganti Sim Card (tahap pertama semua provider GSM).

Cara mudah menjadi User BNI Mobile:

  • Lakukan registrasi melalui BNI ATM, dengan langkah sbb :
  • Di menu utama BNI ATM pilih menu “Registrasi E-Channel”
  • Pilih “BNI Mobile”
  • Masukkan nomor ponsel Anda,dan buat PIN BNI Mobile Anda (6 angka)
  • Registrasi dan aktivasi selesai. Anda akan menerima receipt ATM sebagai bukti Registrasi dan SMS Notifikasi Registrasi serta SMS WAP Push Link, untuk Anda mendownload aplikasi menu Java BNI Mobile.
  • Pastikan ponsel Anda memiliki sistem Java MiDP v 2.0, memory tersedia min 140 kb, dan telah diset aktif GPRS, lalu lakukan download dan install aplikasi menu BNI Mobile, melalui SMS WAP Push Link tadi atau melalui Kantor Cabang BNI terdekat.
  • Setelah mendownload dan install aplikasi BNI Mobile, Anda sudah bisa melakukan transaksi non finansial, seperti cek saldo, cek mutasi rekening.
  • Untuk bisa bertransaksi finansial, demi keamanan transaksi, Anda diharuskan melakukan Aktivasi Transaksi Finansial terlebih dahulu di Kantor Cabang BNI terdekat.

Jenis Transaksi di BNI Mobile:

Transaksi Non Finansial

  • Informasi saldo seluruh rekening yang Anda miliki dalam 1 CIF (Customer Information File) berupa Tabungan, Giro, Deposito, dan Pinjaman
  • Informasi mutasi rekening (5 transaksi terakhir)

Transaksi Finansial

  • Transfer Dana antar Rekening BNI
  • Pembayaran Tagihan
    • Telkom (Telepon,Flexi Classy, Speedy) se-Indonesia
    • Kartu Halo, Xplor, Matrix,Starone
    • Kartu Kredit (BNI, Citibank, Stanchard, HSBC, GE, ANZ, Niaga, ABN AMRO, Permata, Danamon,Bukopin)
  • Pembayaran ZIS & Kurban
  • Pembelian Voucher Prabayar (Flexi, Simpati, As, Mentari, IM3, StarOne, XLbebas reguler, extra & jempol,Fren,Esia,3)

Catatan : Jenis transaksi transfer, pembayaran dan pembelian akan terus bertambah untuk kemudahan Anda

Tarif Biaya

BNI Mobile menggunakan koneksi GPRS, sehingga biaya yang akan menjadi beban Nasabah adalah sesuai volume (kilobyte) dan dihitung sesuai tarif GPRS yang diberlakukan operator. Untuk setiap transaksi transfer dikenakan biaya Rp.1.000

Denominasi Pulsa Yang Tersedia Di BNI Mobile

No. Jenis Kartu Nominal Pulsa
1 Simpati 50.000 100.000 150.000 200.000 300.000 500.000 1.000.000
2 Kartu AS 50.000 100.000
3 Mentari 100.000 200.000 300.000 400.000 500.000
4 IM3 100.000 150.000
5 StarOne 100.000 150.000
6 XL jempol 35.000 50.000 100.000
7 XL bebas Reguler 25.000 50.000 75.000 100.000 150.000 200.000 300.000
8 XL bebas X-tra 50.000 100.000
9 Fren 50.000 100.000 150.000 200.000 300.000 500.000
10 Flexi Trendy 50.000 100.000 150.000 200.000 250.000 350.000 500.000
11 Esia 25.000 50.000 100.000 150.000 250.000
12 3 30.000 50.000 100.000 150.000 300.000 500.000

PANDUAN AKTIVASI DAN SETTING GPRS DI PONSEL


Operator Selular

Cara Aktivasi GPRS

Cara Setting GPRS di Ponsel

Telkomsel-          Kartu Halo

-          Simpati

-          Kartu AS

Ketik pesan SMS :GPRS, dan kirim ke 6616 Ketik pesan SMS :S<spasi>merk ponsel<spasi>type ponsel,

kirim ke 5432

Indosat-          Matrix

-          Mentari

-          IM-3

Ketik pesan SMS :ACT<spasi>GPRS,

kirim ke 888

Ketik pesan SMS : GPRS<spasi>merk ponsel<spasi>tipe ponsel

kirim ke :

·         Matrix & Mentari à 3000

·         IM-3                        à 3939

XL-          Xplor

-          XL Bebas

-          XL Jempol

Ketik pesan SMS : GPRS<spasi>merk ponsel<spasi>tipe ponsel

kirim ke 9667

  • 3. Mobile Banking BCA (m-BCA)

BCA mengeluarkan layanan mobile banking bernama m-BCA. Melalui layanan mobile banking m-BCA, Anda dapat menikmati layanan kapan saja dan di mana saja 24 jam sehari 7 hari seminggu. m-BCA merupakan terobosan baru layanan perbankan yang praktis, tanpa banyak buang waktu serta user friendly.

Dengan layanan ini Anda serasa memiliki ATM BCA dalam gengaman tangan Anda (kecuali untuk penarikan tunai). Berbagai transaksi perbankan dapat anda lakukan melalui ponsel anda, semudah anda bertransaksi di ATM BCA.

Operator yang sudah bekerjasama dalam layanan m-BCA ini adalah:

  • PT Excelcomindo Pratama,Tbk untuk pemegang kartu Xplor & bebas
  • PT Indosat,Tbk untuk pemegang Kartu Mentari, Matrix dan IM3
  • PT Telekomunikasi Selular untuk pemegang kartu HALO & simPATI

Keuntungan & Kenyamanan Bertransaksi melalui m-BCA

m-BCA merupakan layanan perbankan yang mudah, praktis, aman dan user friendly.

Mudah
Anda dapat betransaksi dengan menu yang ada, dan tidak perlu memiliki ketrampilan khusus untuk menggunakannya.

Praktis
Anda dapat langsung bertransaksi perbankan melalui ponsel kapan saja dan dimana saja.

Aman
m-BCA dilengkapi dengan sistem proteksi yang maksimal. Selain menggunakan PIN yang Anda pilih sendiri dan nomor ponsel yang Anda daftarkan, setiap transaksi yang Anda lakukan juga akan di-encrypt (diacak) untuk menjamin keamanan transaksi Anda.

User Friendly
Menu m-BCA dirancang sedemikian rupa sehingga mudah digunakan oleh siapa saja.Anda hanya perlu memilih jenis transaksi dari menu yang sudah tersedia, sehingga tidak perlu mengingat / menghafal kode transaksi yang ingin dilakukan.

Nyaman
Melalui m-BCA, Anda seperti memiliki ATM BCA pribadi dalam genggaman tangan Anda, karena berbagai transaksi yang dapat dilakukan di ATM BCA dapat dilakukan melalui m-BCA (kecuali penarikan tunai).

Cara mendapatkan layanan m-BCA:

Syarat Menggunakan m-BCA

  1. Pemegang kartu Paspor BCA (Kartu ATM BCA)
  2. Pelanggan GSM (XL, Indosat dan Telkomsel) yang memiliki SIM Card yang sudah m-BCA Ready.

Caranya adalah:

  1. Melakukan registrasi/ pendaftaran di ATM/Kantor Cabang BCA terdekat
  2. Melakukan aktivasi di ponsel (untuk transaksi m-Info, m-Payment & m-Admin)
  3. Melakukan aktivasi fin di cabang BCA terdekat (untuk transaksi m-Transfer & m-Commerce)

Transaksi yang dapat dilakukan melalui m-BCA adalah sbb:

No.

Kategori

Layanan

1. m-Info
  • Informasi Saldo,
  • Mutasi Rekening,
  • Info Kurs,
  • Info suku bunga tabungan / deposito Rp / deposito valas,
  • Info kode bank (untuk mengetahui kode transfer antar bank),
  • Info kode perusahaan (yang digunakan pada m-Payment dan m-Commerce),
  • Info nomor kupon undian Gebyar Tahapan BCA,
  • Info rekening Deposito
  • Info NAB dan saldo Reksadana
  • Info saldo dan transaksi kartu kredit BCA*
2. m-Transfer
  • Transfer ke Rekening BCA,
  • Transfer ke Rekening bank lain
3. m-Payment Pembayaran berbagai macam tagihan kartu kredit, PLN, PAM, handphone, telepon, asuransi, pendidikan,dll
4. m-Commerce Pembelian pulsa isi ulang, kartu Blitz, saham,dll
5. m-Admin Aktivasi, Ganti PIN

Limit transaksi perhari:

Limit Transfer Antar Rekening BCA

Limit transfer antar rekening BCA yang dapat dilakukan melalui m-BCA merupakan satu kesatuan dengan limit transaksi transfer melalui ATM BCA sebesar maksimum:

  • Rp 15 juta per hari (Kartu ATM Silver)
  • Rp 25 juta per hari (Kartu ATM Gold/ Tapres/ BCA Dollar)
  • Rp 75 juta per hari (Kartu Platinum)

Contoh:
Limit transfer kartu ATM Silver Anda sebesar Rp 15 juta per hari. Jika Anda telah melakukan transfer di ATM sebesar Rp 5 juta, maka Anda masih dapat melakukan transfer melalui mobile banking pada hari yang sama maksimum sebesar Rp 10 juta.

Limit Transfer ke Rekening Bank Lain

Limit ini merupakan limit gabungan dengan limit transfer antar bank via ATM, yaitu sebesar Rp. 10.000.000 per hari, dan tidak tergantung jenis kartu ATM yang digunakan).

Limit Pembelian Pulsa Isi Ulang

Adalah sebesar Rp. 1.100.000 perhari, merupakan limit gabungan dengan e-channel lain seperti ATM, KlikBCA, SMS Top Up, dan BCA by Phone.

Limit Pembayaran

Sesuai jumlah tagihan

Bukti Transaksi:

Untuk setiap transaksi yang anda lakukan, anda akan menerima bukti transaksi sebagai berikut:

Jenis Transaksi

Bukti Transaksi
Finansial (seperti : transfer, payment, commerce) SMS yang akan tampil dilayar dan masuk ke inbox ponsel
Non finansial

  • Untuk info saldo, mutasi rekening, info kurs, info suku bunga tabungan / deposito Rupiah / deposito valas, ganti PIN, aktivasi
  • untuk info kode bank (transfer antar bank) dan info kode perusahaan (yang dapat digunakan pada m-Payment dan m-Commerce), info nomor kupon Gebyar Tahapan BCA
  • SMS hanya akan tampil dilayar ponsel saja

  • Informasi akan masuk ke Inbox ponsel

Catatan Penting:

  1. Pastikan Anda mengetahui tombol fungsi pada ponsel dengan mengacu pada buku petunjuk ponsel Anda.
  2. Sebelum Anda melakukan transaksi melalui ponsel, pastikan terlebih dahulu inbox message Anda tidak dalam kondisi penuh.
  3. PIN yang digunakan pada saat pertama kali mengakses layanan m-BCA adalah PIN yang Anda tentukan pada saat registrasi melalui ATM BCA. Jika Anda melakukan registrasi m-BCA di counter kantor cabang BCA, maka PIN m-BCA yang digunakan akan sama dengan PIN kartu ATM BCA.
  4. Layanan m-BCA akan terblokir secara otomatis apabila Anda salah memasukkan PIN m-BCA sebanyak 3 kali berturut-turut.
  5. Jangan memberitahukan PIN m-BCA kepada pihak lain.
  6. Jangan menyimpan PIN m-BCA dalam ponsel atau sarana penyimpanan lainnya yang memungkinkan untuk diketahui orang lain.
  7. Jika Anda memiliki lebih dari 1 (satu) rekening yang terhubung dengan kartu ATM BCA yang Anda gunakan untuk registrasi layanan m-BCA, maka secara otomatis semua rekening itu akan terhubung dengan layanan m-BCA untuk setiap transaksi finansial yang Anda lakukan di m-BCA, Anda akan diminta untuk memilih nomor rekening yang akan digunakan.
  8. Satu kartu ATM BCA dapat terhubung dengan sepuluh nomor Ponsel baik dari operator yang sama maupun operator yang berbeda.
  9. Aktivasi yang dilakukan diponsel akan mengaktifkan layanan m-Info dan m-Payment serta m-Admin, sedangkan untuk mengaktifkan layanan m-Transfer dan m-Commerce nasabah harus datang ke cabang BCA terdekat untuk melakukan Aktivasi FIN, dengan mengisi formulir permohonan secara benar, jelas dan lengkap serta diserahkan ke CSO BCA. Pastikan nomor ponsel yang Anda daftarkan adalah nomor ponsel milik Anda sendiri.
  10. Untuk transaksi finansial (transfer / payment/ commerce), masukkan nominal transfer / payment / commerce dan nomor rekening / pelanggan / kartu kredit/telepon/ponsel tanpa spasi atau tanda baca lainnya (seperti tanda sambung, titik, dan lain-lain).
  11. Dalam setiap transaksi finansial, Anda akan menerima message konfirmasi yang berisi data-data transaksi. Pastikan kebenaran data-data transaksi tersebut sebelum Anda melanjutkan transaksi.
  12. Setiap kali melakukan transaksi melalui m-BCA, tunggulah beberapa saat hingga Anda menerima response balik atas transaksi tersebut. Dalam hal Anda tidak menerima response balik atas transaksi yang dilakukan, maka Anda harus memastikan terlebih dahulu apakah transaksi tersebut telah terjadi dengan cara memeriksa saldo / mutasi rekening Anda.
  13. Untuk setiap transaksi finansial, Anda akan menerima message transaksi Anda berhasil atau gagal. Khusus transaksi yang berhasil, message yang diterima secara otomatis akan tersimpan di dalam inbox (dengan catatan inbox message tidak penuh).
  14. Segera memberitahukan kepada BCA apabila SIM Card Anda hilang / dicuri / dipindahtangankan kepada pihak lain.

Skema Fitur Layanan m-BCA

Layanan Mobile Banking yang Saya Pilih

Dari ketiga bank di atas yang menyediakan layanan mobile banking, saya memilih m-ATM dan SMS Banking yang disediakan oleh Bank Mandiri. Alasan cukup simpel karena Bank Mandiri menyediakan fasilitas yang begitu lengkap dan juga sebagai nasabah dari Bank Mandiri, saya sangat terbantu dengan adanya fasilitas mobile banking ini, saya bisa memeriksa saldo rekening bank sewaktu-waktu dari handphone dan juga masih transaksi bank lainnya yang bisa saya lakukan dari handphone. Bank Mandiri sebagai bank pemerintah yang terbesar, terdepan dan terpercaya di Indonesia selalu menyediakan fasilitas yang terbaik demi kepuasaan dan kenyamanan nasabahnya.

  • Sumber Referensi:

  1. Alasan Utama Nasabah Menggunakan Mobile Banking

  2. ”Rame-Rame” Beradu di “Mobile Banking”

  3. Mobile Banking Bank Mandiri

  4. Mobile Banking BNI 46 (BNI Mobile)

  5. Mobile Banking BCA (m-BCA)



About these ads